Trik Mereka-reka Daya Muat Kolam Lele Bulat

Untuk mewujudkan hasil panen ikan lele setinggi-tingginya, anda sepantasnya tahu dulu jumlah isian air dalam Kolam Terpal Bulat Tangerang. Bukan luas kolam terpal. Maksud mengira-ngira isi atau kapasitas kolam terpal adalah untuk mencapai padat tebar ikan lele yang ideal.

Berikut ini rumus Mengestimasi volume kolam terpal bundar yang ideal anda aplikasikan.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bulat

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bulat yang anda punyai berdiameter 5m dan tinggi 1 meter, jadi daya tamping kolam terpal bundar anda adalah sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air sampai penuh. Untuk Menaksir berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda masukkan untuk  Mereka-reka adalah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bulat.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam bisnis ikan lele pada level yang tergolong rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk level normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk kapasitas tinggi atau yang sering disebut dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda bisa mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda dapat mengisi kolam terpal bulat anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada kapasitas rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada kapasitas normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda menggunakan system bioflok atau natural water system (NWS) ketika berternak ikan lele.

Contoh diatas hanyalah panduan. Pada saat mempraktekkannya kemungkinan anda akan menemukan jumlah padat tebar yang bermacam-macam di tiap – tiap pengelola bisnis budidaya ikan lele. Tentu saja itu hal yang lazim, sebab tiap pengelola usaha perikanan ikan lele pastilah mempunyai ilmu dan kebiasaan yang berbeda antara peternak ikan lele yang satu dengan yang lainnya.

Nah apa sajakah sebenarnya yang menjadi penentu padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Simak 6 ulasan dalam artikel dibawah ini :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Sama dengan manusia, ikan pun membutuhkan cukup oksigen agar bisa bertahan hidup dengan baik. Ukuran benih ikan yang kecil tentunya cukup mendapatkan oksigen di air kolam. Tapi, ketika ikan semakin tumbuh besar dan dengan catatan tidak ada ikan lele yang mati, tentunya keperluan oksigen untuk ikan juga makin banyak pula.

Bagaimana tips mensiasati supaya keperluan oksigen dalam air kolam tetap terpenuhi?

Untuk menutup kebutuhan oksigen dalam air kolam lazimnya para pengelola usaha perikanan ikan lele mensiasatinya dengan mengganti air kolam sebanyak 27-30% secara berkala. Apabila ikan belum waktunya dipanen namun ikan sudah tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap tidak berubah, itu menandakan ikan harus dipindah ke kolam yang lainnya.

2. Faktor Lingkungan

Keadaan disekeliling kolam terpal biasanya juga mempengaruhi jumlah padat tebar ikan lele. Tidak sedikit petani terkadang memangkas padat tebar ikan lele pas cuaca tidak mendukun seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Pengurangan padat tebar disaat musim – musim ekstrim harus untuk mencegah gagal panen.

3. Metode Budidaya

Dalam aplikasinya, tata cara budidaya ikan lele juga dapat berdampak pada kinerja kolam lele bundar. contohnya seperti budidaya ikan lele dengan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode bertani ikan lele lainnya. Salah satu penyebabnya dikarenakan budidaya dengan system bioflok memiliki lebih banyak pakan alami yang berasal dari kumpulan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang menggantukan sirkulasi air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang tinggi. Dicuplik dari efishery.com padat tebar ikan lele yang mengadopsi system RAS dapat menyentuh angka 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

perputaran air mempunyai korelasi dengan kesiapan oksigen dalam kolam. Dengan perputaran air yang teratur, oksigen yang ada dalam air kian bertambah. Sehingga padat tebar ikan lele dapat dimaksimumkan.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam Terpal.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Komentar

Postingan Populer